Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

By | December 19, 2021

Tekno.ges-r.com – Ragam Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan yang perlu kalian ketahui. Apa saja manfaatnya?. Yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Kemiri merupakan salah satu bahan rempah yang memiliki banyak sekali nutrisi. Penggunaan kemiri juga kerap kita temukan pada bumbu masakan nusantara.

Bahan rempah satu ini termasuk bijian tanaman dalam keluarga Euphorbiaceae dengan nama latin Aleurites Moluccanus.

Tentang Kemiri

Pohon kemiri dapat tumbuh subur diwilayah tropis dan subtropis seperti di Indonesia, Malaysia, serta Australia. Dengan panjang pohon mencapai 10 – 47 meter.

Menurut Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gajah Mada, disebutkan bahwa tanaman ini memiliki berbagai nama daerah.

Antara lain : Kereh (Aceh), Hambiri (Batak), Buah koreh (Minangkabau), Kemiri (Melayu, Jawa), Muncang (Sunda), Kameri (Bali), Kawilu (Sumba), Sapiri (Makasar), Sakete (Ternate), Engas (Ambon),  dan Hagi (Buru). 

Kandungan Kemiri

Sejak dahulu kemiri banyak digunakan untuk banyak keperluan, selain untuk bahan rempah kemiri juga digunakan sebanyak obat tradisional.

Kemiri mengandung banyak senyawa aktif, Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram kemiri memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

Air, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Abu, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Bata-karoten, Karoten total, Vitamin B1, Vitmain B2, Niasin, Vitamin C

Manfaat Kemiri

Berikut beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan, diantaranya :

1. Memelihara kesehatan jantung

Kemiri bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kalium dalam rempah ini juga diketahui memberikan efek relaksasi dinding pembuluh darah.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahya radikal bebas. Antioksidan tersebut dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit infeksi seperti flu.

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat kemiri yang satu ini berkat kandungan asam linoleatnya. Pada dasarnya, zat ini yakni komponen alami penghalang lipid kulit yang melindungi dari paparan lingkungan luar sehingga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat kemiri selanjutnya yakni bantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam perut. Ini bisa terjadi mengingat kemiri mengandung serat.

5. Menjaga kesehatan rambut

Asam linoleat membantu menjaga kesehatan membran sel yang ada di kulit kepala, meningkatkan nutrisi, serta membantu dalam pembentukan dan metabolisme sel-sel rambut.

Manfaat kemiri untuk kesetan rambut antara lain :

  • Mengatasi rambut kering
  • Membuat rambut berkilau
  • Mempercepat pertumbuhan rambut
  • Membuat rambut lebih kuat
  • Melembapkan kulit kepala
  • Mengatasi ketombe
  • Mengatasi psoriasis
  • Melindungi rambut dari sinar matahari
  • Merawat rambut bagi kulit yang sensitif

6. Mengatasi eksim

kemiri juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit ini. Rempah-rempah ini dapat mencegah gatal, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan.

7. Mencegah kanker

Mengutip dari Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gajah Mada, kemiri juga mengandung senyawa anti kanker.

8. Menyembuhkan luka

Manfaat kemiri untuk kesehatan lainnya yaitu bisa menghilangkan rasa sakit, melindungi luka, menghilangkan pembengkakan, dan menyembuhkan luka bakar.

Penutup

Selain manfaat diatas, kemiri juga bermanfaat untuk merawat kecantikan lho. Dengan menggunakan minyak kemiri kalian dapat memakainya untuk perawatan wajah, dengan cara mengoleskannya pada wajah atau dibuat masker.

Adapun khasiatnya antara lain dapat melembapkan kulit wajah, membuat wajah lebih bercahaya, serta dapat menghilangkan kerutan pada wajah.

Nah, itulah ulasan lengkap manfaat kemiri untuk kesehatan. semoga dengan informasi ini dapat membantu kalian semua. sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *