Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

By | May 12, 2022

Tekno.ges-r.com – Buah mengkudu merupakan buah yang termasuk dalam tanaman herbal. Berikut adalah Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya, simak pembahasannya dibawah ini.

Seperti yang sudah diketahui bahwa negeri kita adalah negeri yang subur, berbagai macam tumbuhan bisa tumbuh subur ditanah air tercinta ini.

Seperti halnya dengan tanaman herbal yang mudah untuk dijumpai disekitar kita yang telah diwariskan oleh nenek moyang terdahulu.

Berbagai macam tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, sampai saat ini masih dilestarikan keberadaannya walaupun sudah banyak obat kimia yang lebih praktis.

Dan pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi dari buah mengkudu yang merupakan salah satu tanaman herbal, serta cara mengolahnya.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu yang dalam bahasa Latinnya (Morinda Citriafolia) merupakan buah berwarna hijau keputih-putihan yang banyak ditemui di Australia, India dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Buah ini merupakan buah yang cukup populer untuk dikonsumsi sebagai suplemen tubuh dan obat herbal.

Walaupun buah yang satu ini memiliki aroma bau yang sangat menyengat dan rasanya yang pahit, namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga:

Di dalam buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Biotin
  • Folat
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium

Seperti dikutif dari alodokter.com, manfaat bauah mengkudu untuk kesehatan. Diantaranya sebagai berikut:

1. Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Apabila sel-sel dan jaringan dalam tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber seperti polusi, asap rokok, racun dan sebagainya, maka akan membuat sel-sel dalam tubuh cepat rusak.

Akibat dari terlalu banyaknya terpapar radikal bebas, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit yang serius seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Akan tetapi, risiko tersebut bisa dihindari dengan buah mengkudu. Yang diketahui bahwa buah mengkudu dapat mengurangi kadar radikal bebas serta memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh.

2. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Study mengatakan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol pada pembuluh darah.

Efek ini diduga berkatkat kandungan antioksidan dan anti radang yang cukup tinggi pada buah herbal yang satu ini.

Jika kolesterol jahat dibiarkan menumpu begitu saja maka dampaknya akan sangat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kardiosvakular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Mengurangi nyeri sendi

Ektrak buah ini diketahui berkhasiat unjtukm mengurangi nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Dan manfaat selanjutnya dari buah ini apabila dikonsumsi adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh.

5. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah riset menunjukan kadar dari kandungan buah ini dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga tetap setabil. Hal ini terjadi berkat kemampuan dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Sebuah penelitian skala kecil di laboratorium menunjukkan bahwa buah mengkudu bermanfaat dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas.

Efek ini diduga berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

Diatas mereupakan beberapa manfaat dari buah mengkudu apabila dikonsumsi secara teratur. Cara mengonsumsi buah ini cukup dibikin ekstrak atau dibikin jus.

Walaupun banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang terkandung dalam buah ini. Namun, ada beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini seperti ibu hamil dan sedang menyusui.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan terkait Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *