Definisi, Pertambangan & Fakta Bitcoin

Tekno.ges-r.com Definisi, Pertambangan, & Fakta Bitcoin. Bitcoin, mata uang digital dibuat oleh seorang programmer komputer anonim atau kelompok programmer yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Pemilik Bitcoin dapat menggunakan berbagai situs Web untuk perdagangan mereka untuk mata uang fisik, seperti dolar AS atau euro, atau dapat menukarnya untuk barang dan layanan dari sejumlah vendor.

Nakamoto khawatir bahwa mata uang tradisional terlalu bergantung pada kelayakan kepercayaan dari bank untuk bekerja dengan benar.

Nakamoto mengusulkan mata uang digital, Bitcoin, yang dapat berfungsi sebagai medium dari pertukaran tanpa mengandalkan lembaga keuangan atau pemerintah.

Proposal ini dibuat pada bulan Oktober 2008 dalam sebuah koran diterbitkan pada Situs Bitcoin, yang telah didirikan pada bulan Agustus 2008.

Definisi Bitcoin

Bitcoin bergantung pada kriptografi kunci publik, di mana pengguna memiliki kunci publik yang tersedia bagi semua orang untuk melihat dan kunci pribadi yang hanya diketahui oleh komputer mereka.

Dalam transaksi Bitcoin, Pengguna menerima Bitcoin mengirim kunci publik mereka untuk pengguna mentransfer Bitcoin.

Pengguna mentransfer koin tanda dengan kunci pribadi mereka, dan transaksi tersebut kemudian dikirim melalui jaringan Bitcoin.

Sehingga tak ada Bitcoin yang dapat menghabiskan lebih dari sekali pada saat yang sama, waktu dan jumlah transaksi tercatat dalam berkas buku besar yang ada di setiap node jaringan.

Baca Juga: Aplikasi Twibbon Hari Guru Nasional 2021

Identitas pengguna tetap tak dikenal, tapi semua orang bisa melihat bitcoin tertentu dipindahkan. Transaksi dimasukkan bersama dalam kelompok-kelompok yang disebut blok.

Bloknya terorganisir dalam urutan kronologis yang disebut blockchain. Blok ditambahkan ke rantai menggunakan proses matematika yang membuatnya sangat sulit bagi pengguna individu untuk membajak blockchain.

Teknologi blockchain yang mendasari Bitcoin telah menarik perhatian yang cukup, bahkan dari skeptis Bitcoin, sebagai dasar untuk memungkinkan merekam dan perdagangan liar tanpa otoritas pusat.

Tambang Bitcoin

Bitcoin baru dibuat oleh pengguna yang menjalankan klien Bitcoin pada komputer mereka.

Klien” mines “Bitcoins” dengan menjalankan program yang memecahkan masalah matematika yang sulit dalam berkas yang disebut “block”. Diterima oleh semua pengguna di jaringan Bitcoin.

Masalahnya sulit diatur sehingga tak peduli berapa banyak orang yang menggunakan bitcoin tambang.

Masalahnya diselesaikan, rata-rata, enam kali per jam. Ketika pengguna memecahkan masalah dalam blok, Pengguna menerima sejumlah bitcoin tertentu.

Prosedur rumit untuk menguji Bitcoin memastikan kalau suplai mereka terbatas dan terus menurun.

Baca Juga: Perbedaan Trading Forex Dan Trading Saham

Sekitar empat tahun, jumlah bitcoin dalam satu blok, yang dimulai pada 50, dipotong, dan jumlah bitcoin maksimum diperbolehkan sedikit kurang dari 21 juta.

Pada tahun 2021 ada lebih dari 18,6 juta Bitcoin, dan diperkirakan jumlah maksimum akan mencapai sekitar 2140.

Karena algoritma yang menghasilkan Bitcoin membuat mereka pada tingkat dekat-konstan. Penambang Bitcoin awal mendapatkannya lebih sering daripada penambang karena jaringnya kecil.

Premium yang pengguna awal menerima dan keheningan Nakamoto setelah 2011 mengakibatkan kritik Bitcoin sebagai skema Ponzi, dengan Nakamoto diuntungkan sebagai salah satu pengguna pertama.

(Analisis dari blok 36.289 mined pertama menunjukkan bahwa satu penambang, diyakini Nakamoto, telah akumulasi lebih dari 1 juta Bitcoin. Bagaimanapun, pada tahun 2021, bitcoin itu, kemudian dihargai sebesar $50 miliar, tetap tak diketahui.)

Pembela Bitcoin mengklaim bahwa pengguna awal harus menerima beberapa pengembalian untuk investasi dalam teknologi yang tak beralasan.

Fakta Bitcoin

Nilai Bitcoin relatif terhadap nilai mata uang berfluktuasi liar dalam beberapa tahun berikut Pendahuluan. Pada bulan Agustus 2010 satu Bitcoin bernilai $0.05 (as).

Mulai pada bulan Mei 2011, Bitcoin bertambah tajam dalam nilai, mencapai puncaknya $30 pada bulan Juni itu, tetapi pada akhir tahun nilai Bitcoin telah runtuh ke kurang dari $3.

Namun, Bitcoin mulai menarik perhatian mainstream investor, dan nilainya meningkat menjadi lebih dari $1.100 pada Desember 2013. Beberapa perusahaan mulai membangun komputer mengoptimalkan pertambangan Bitcoin.

Pada tahun 2017 nilai Bitcoin naik dari sekitar $ 1.200 sampai lebih dari $18.000 pada bulan Desember.

Baca Juga: Top 10 Terbaik Home-Based Bisnis Terbaru 2021

Peningkatan tajam dalam nilai Bitcoin ini mendorong pertambangan yang lebih intensif. Diperkirakan pada akhir 2017 bahwa Bitcoin pertambangan dikonsumsi 0.14 persen dari produksi listrik dunia.

Nilai Bitcoin tajam jatuh dan berfluktuasi antara sekitar $ 3.500 dan $ 12.000 dari 2018 sampai akhir 2020, ketika lembaga investor seperti hedge funds tertarik pada mata uang.

Demonstrasi lain dimulai, dan awal-awal di 2021 Bitcoin mencapai semua-waktu tinggi hampir $ 45.000 ketika Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaan mobilnya berinvestasi $ 1,5 miliar dalam mata uang.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Definisi, Pertambangan, & Fakta Bitcoin. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Om Azis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *