Cara Menanam Sayuran Organik Yang Baik Dan Benar

By | February 15, 2022

Tekno.ges-r.com – Berikut cara menanam sayuran organik yang baik dan benar agar tidak mengalami gagal panen. Simak penjelasannya ya.

Bagi kamu yang memiliki pekarangan luas, kamu bisa menjadikannya lahan kebun sayuran organik.

Menanam sayuran sendiri dapat membantu kamu dan keluargamu mendapatkan produk yang lebih sehat, segar, lezat, dan berkualitas pastinya.

Kamu bisa menggunakan metode menanam sayuran dengan teknik organik. Teknik ini banyak disukai orang karena dilakukan tanpa ada campur tangan zat kimia.

Namun sebelum menanam sayuran organik, kamu harus tau terlebih dahulu langkah atau cara menanamnya, guna terhindar dari gagal panen.

Cara Menanam Sayuran Organik

Berikut ini cara menanam sayuran organik yang baik dan benar yang bisa kamu praktikkan langsung di rumah. Caranya sebagai berikut:

Baca juga : Link Bokeh Museum Xxnamexx Mean Xxii Xxiii Xxiv Cina 2020 Indonesia Youtube Update

1. Pengolahan tanah

Semua tanaman akan memiliki hasil produksi yang baik bila ditanam pada tanah yang baik pula. Tanah yang akan digunakan untuk menanam harus diaaolah terlebih dahulu agar subur dan kaya unsur hara. 

Cara mengolahnya yaitu, cangkul tanah sedalam 20—30 cm, bolak-balikkan tanah. Selanjutnya, ratakan tanah kembali untuk digemburkan.

2. Terkena sinar matahari

Pilihlah lahan yang mendapat sinar matahari penuh. Lahan sayuran tersebut harus tersinari setidaknya 6 – 10 jam sehari.

3. Memilih tanaman

Selanjutnya adalah, kamu harus memilih tanaman apa yang akan ditanam. Pertimbangkan dari mulai jumlah sinar matahari yang diperlukan, cara merawat, hingga proses pertumbuhannya.

4. Menanam bunga

Tanamlah beberapa bunga dekat taman sayuran untuk mengundang lebah melakukan penyerbukan. Ini merupakan salah satu faktor keberhasilan cara menanam sayuran organik.

5. Memilih bibit terbaik

Beli dan pilihlah bibit-bibit organik yang sudah bersertifikat tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya.

6. Beri pupuk kompos

Kompos dapat membantu tanah untuk mempertahankan kelembapan, sebagai nutrisi tanaman dan cacing serta mikroba yang bisa membantu memperbaiki unsur hara tanah.

Kamu juga dapat membuat pupuk kompos sendiri dari tumpukan campuran daun, potongan rumput, dan sampah rumah tangga seperti, kulit telur, dan bubuk kopi.

7. Membuat bedengan

Baca juga : Review Cointiply Penghasil Bitcoin Gratis 2022

Buatlah bedengan sayur untuk mempermudah proses penanaman dan perawatan tanaman. Luas bedengan harus mudah dijangkau ketika panen.

8. Pasang paranet

Untuk menjaga kelembapan area tanam yang ditanam secara massal, berikan naungan plastik atau paranet.

9. Tanam benih

Benih yang sudah siap ditanam biasanya sudah memiliki 3—5 daun tunggal. Tanam benih pada lubang tanam yang sudah disediakan.

10. Tanam tanaman pendamping

Cara mengkombinasikan sayuran dengan tumbuhan atau sayuran lainnya bisa membantu meningkatkan hasil produksi. Selain itu dapat mencegah serangga, meminimalisir penyakit, dan meningkatkan rasa sayuran.

Akhir Kata

Kamu harus memperhatikan tanaman sayuran secara cermat sehingga hama dan penyakit lainnya langsung ditangani secara cepat. Oleh itu, kamu bisa mendapatkan kebun sayuran organik yang sehat dan hasil yang melimpah.

Cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Menanam Sayuran Organik Yang Baik Dan Benar, semoga dengan informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan kamu dalam menanam sayuran organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *